9 Langkah Berikut Membuat Kebaya Berpayet Tetap Awet dan Terjaga Keindahannya

Tips Merawat Kebaya Berpayet Agar Awet. Kebaya merupakan salah satu busana tradisional Indonesia yang harus dilestarikan. Sebagai wanita Indonesia, Kebaya merupakan pakaian andalan untuk menghadiri beragam acara resmi seperti pernikahan. Karena kain kebaya sangat rapuh dan mudah rusak, dibutuhkan perawatan khusus dan ekstra hati-hati agar keindahannya tetap terjaga dan awet. Nah, sudahkah Anda merawat baju kebaya berpayet Anda dengan benar? Berikut ini ada beberapa tips merawat kebaya berpayet agar tidak mudah rusak. Disimak ya…

1. Pemilihan Deterjen

merawat kebaya
memilih deterjen

Karena kebaya merupakain pakaian yang mudah rusak, gunakan deterjen yang lembut atau deterjen untuk pakaian bayi.

2. Cuci dengan Tangan

merawat kebaya
mencuci manual

Jangan pernah memasukkan kebaya berpayet ke dalam mesin cuci. karena hanya akan merusak kain kebaya Anda.

3. Tidak Perlu Dikucek

merawat kebaya
dicelupkan

Rendam dalam larutan detergen yang lembut. Kemudian celup-celupkan kebaya dalam air lauran deterjen saja. Dalam mencuci kebaya, khususnya yang berbahan brokat, tidak perlu dikucek apalagi menyikatnya.

4. Gosok dengan Perlahan

merawat kebaya
air jeruk nipis

Jika kebaya Anda terkena noda membandel, olesi dengan jeruk nipis pada bagian yang bernoda lalu digosok pelan-pelan dengan jari sampai nodanya hilang. Menyikat dengan sikat baju dapat merusak kain kebaya.

5. Bilas Sampai Bersih
Selanjutnya, bilas kebaya sampai bersih. Jangan merendamnya ke dalam pewangi atau pelembut pakaian agar serat kain kebaya tidak mudah rusak. Tidak perlu memeras kebaya saat mencuci.

6. Keringkan di Tempat Teduh
Jangan gunakan pengering pada mesin cuci. Cukup dijemur di tempat teduh dan sejuk serta terhindar dari sinar matahari langsung untuk menjaga warna kebaya agar tidak cepat pudar.

7. Melipat Kebaya Berpayet
Untuk penyimpanan kebaya berpayet, jangan menggantungnya karena payet memberatkan kebaya Anda, jika digantung akan merusak bentuknya. Lipat kebaya payet Anda dan pilih lipatan di mana Anda yakin tidak ada payet yang akan rusak bila dilipat dalam jangka waktu yang lama.

8. Simpan Kebaya di Tempat yang Kering
Setelah kebaya benar-benar kering, kebaya tidak perlu di setrika. Simpan di tempat yang kering. Jika ANda ingin menyemprotkan pelembut pakaian, lapisi kebaya dengan selembar kertas tipis, kemudian baru semprotkan pelembut pakaian. Hal ini bertujuan untuk melindugi warna payet agar tidak pudar.

9. Angin-anginkan Kebaya Sebulan Sekali
Karena kebaya hanya digunakan pada acara-acara tertentu, keluarkan kebaya Anda dari lemari setiap sebulan sekali dan angin-anginkan sebentar agar tidak apek.

Itulah cara perawatan kebaya berpayet yang benar agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

(Visited 293 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*