Office Fashion: Tips Fashion Terbaik Untuk Sesi Wawancara Pekerjaan Pertama Kamu

Ide Model Busana. Tips fashion untuk wawancara kerja. Kamu barusan lulus sekolah atau seorang mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan? Atau kamu malah sudah menerima panggilan wawancara kerja pertama kamu? Tapi masih galau dan bingung baju apa yang mau kamu pakai untuk acara interview tersebut? Ga usah bingung lagi ya. Kali ini kita akan membahas tips office fashion terbaik untuk acara wawancara kerja.

Office fashion

Memang sih, peribahasa “jangan menilai seseorang dari penampilan luarnya saja” itu tidak sepenuhnya berlaku di masyarakat. Apalagi penampilan itu merupakan kesan pertama bagi seseorang. Nah, jika penampilan kita asal-asalan, bukankah kita tengah membangun kesan pertama yang buruk dan asal-asalan juga?

Padahal, kesan pertama itu sangat penting, terutama bagi kamu yang akan menghadapi wawancara kerja untuk yang pertama kalinya. Wah, jangan sampai saltum ya.

Office fashion

Nah, jika kamu ingin memberi kesan pertama yang baik saat interview, maka penampilan juga kamu harus menarik dan fashionable. Walaupun berhasil atau tidaknya wawancara juga tergantung pada tingkat kepercayaan diri dan attitude serta wawasan kamu. Tapi setidaknya, rasa percaya diri ini dipengaruhi oleh busana yang kamu kenakan.

Dengan berpenampilan menarik, kamu akan merasa termotivasi untuk melakukan yang terbaik saat wawancara. Berikut ini ulasan tentang tips berpakaian untuk menghadiri wawancara kerja pertama kamu. Disimak ya…

Pakaian apa yang cocok dikenakan untuk wawancara kerja?

1. Be Yourself and Be Comfortable

Be yourself and be confident

Be Yourself” atau jadilah dirimu sendiri. Adalah sebuah pernyataan yang sangat sering kita dengar. Menjadi diri sendiri ini bisa juga kamu terapkan saat memilih busana yang akan kamu kenakan saat interview nanti. Intinya adalah kamu merasa nyaman dengan pakaian itu. Biasanya sang interviewer atau orang yang mewawancarai kamu mampu melihat fashion sense kamu dan seberapa nyaman kamu dengan busana yang kamu kenakan itu.

Terlebih lagi, kamu harus menjadi diri kamu sendiri. Jangan sekali-kali memakai pakaian yang tidak cocok untuk kamu kenakan. Atau hanya sekedar meniru penampilan orang lain.

Jika kamu memang enggak nyaman menggunakan high heels, pakai saja sepatu flat ballerina yang desain dan modelnya pun enggak kalah menarik.  Juga, pakaian formal kamu harus bersih, rapi, dan harus mencerminkan style personal kamu.

2. Perhatikan Reputasi Perusahaan

Perhatikan reputasi perusahaan

Pemilihan fashion untuk job interview harus disesuaikan dengan nilai-nilai berbusana yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya saja kamu mendapat undangan kerja di perusahaan fashion ternama, maka kamu diharuskan untuk memahami dunia fashion dan style yang kamu tuangkan ke dalam penampilan kamu dari kepala hingga ujung kaki.

setelan jas dan celana panjang

Sebaliknya, jika kamu mendapat undangan wawancara untuk posisi yang berhubungan dengan kemasyarakatan pada sebuah perusahaan, maka selera fashion kamu harus menunjukkan profesionalisme dan formal. Yang harus kamu ingat adalah bahwa setiap perusahaan mempunyai aturan-aturan berbusana yang berbeda.

Pemilihan busana kerja menunjukkan dua hal penting, yaitu seberapa besar pemahaman kamu tentang pekerjaan yang kamu lamar dan seberapa penting wawancara kerja tersebut buat kamu. Saat kamu berbusana dengan benar, berarti kamu telah menunjukkan bahwa kamu memang cocok bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi sebelum wawancara berlangsung, sebaiknya kamu melakukan sedikit penelitian tentang orang-orang yang akan kamu temui, aturan-aturan atau kebiasaan yang terjadi di perusahaan tersebut, dan bahkan tentang jenis pekerjaan yang kamu lamar itu.

3. Jangan Berlebihan

Jangan berlebihan

Ini adalah hal terpenting yang bisa membantu kamu saat wawancara nanti. Beberapa pelamar pekerjaan seringnya terlalu berlebihan dalam menonjolkan selera fashion dan skill bermakeup mereka saat menghadiri wawancara kerja yang formal.  Jadi, hati-hati ya, saat kamu terlalu berlebihan dengan pakaian ataupun dandanan wajah kamu, bisa-bisa kamu malah dinilai yang tidak baik oleh pewawancara kamu.

turtle neck blouse dan pencil skirt

Rok yang terlalu pendek, blouse yang menerawang, heels yang terlalu tinggi, riasan dan tatanan rambut yang super wah – semua ini dapat dikategorikan sebagai “berlebihan”. Dan pastinya bukan sebuah hal yang baik untuk dikenakan saat interview pekerjaan pertama kamu kan?

4. Bersih dan Rapi

Bersih dan rapi

Jika kamu berangkat dengan kemeja yang kusut dan kuku yang kotor, itu artinya kamu telah melewatkan kesempatan emas. Kamu harus berpakaian bersih, rapi, dan teratur dan berpenampilan menarik. Sebaliknya, penampilan yang acak-acakan akan memberi kesan kalo kamu tidak bersungguh-sungguh dan bukan seorang yang pantas untuk memiliki pekerjaan tersebut.

Bahkan hal kecil pun busa mempengaruhi sukses tidaknya wawancara kerja kamu. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan bahkan pujian dari pewawancara, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan, ketrapian dan keteraturan atau well-organized personality.

5. Gunakan Warna Hitam Jika Ragu

Go for black

Jika kamu ragu mau menggunakan apa untuk sesi wawancara nanti, gunakan saja pakaian berwarna hitam. Black can never go wrong. Warna hitam ini juga termasuk warna yang official dan resmi yang cocok untuk acara apa saja.

Itulah beberapa tips office fashion untuk wawancara kerja pertama kamu. Selain penampilan, pengetahuan, kecakapan serta cara kamu membawa diri juga sangat berpengaruh pada suksds atau tidaknya sebuah wawancara. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Selamat mencoba ya.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*