Yes or No, Perlukah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai?

5817508-orig-e1470583800576
mencuci baju

Yes or No, Perlukah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai? Saat membeli baju baru, sering kali kita langsung mencoba dan memamerkannya pada teman atau kerabat. Memang, baju yang baru dibeli biasanya terlihat rapi dan bersih. Namun, tahukah Anda bahwa baju yang baru dibeli banyak mengandung kuman, bakteri, dan bahkan terpapar bahan kimia dalam pengolahan pakaian?

Sebaiknya, jangan langsung menggunakan baju baru sebelum dicuci dan disetrika terlebih dahulu. Lana Houge, seorang ahli manufaktur pakaian, menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan pakaian, hampir di setiap benang atau kain membutuhkan bahan kimia.

Selain itu, Seorang profesor dermatologi Columbia University Medical Center, New York, Donald Belsito juga menerangkan bahwa pakaian baru mengandung bahan kimia seperti pewarna azo-analin dan resin formldehida untuk menjaga pakaian dari kerutan dan mencegah tumbuhnya jamur. Bahan kimia dalam pakaian ini dapat menyebabkan ruam, gatal, dan bahkan iritasi kulit dan reaksi alergi pada beberapa orang.

Baju baru juga bisa membawa bakteri yang berbahaya bagi pernapasan, daerah kewanitaan, jamur di kulit, dan sebagainya yang biasa ditemui di area ketiak, paha bagian atas, atau juga leher.
Dengan mencuci terlebih dahulu sebelum memakai baju baru, Anda telah menurunkan risiko tertular kutu, ruam, atau penyakit kulit lainnya. Selain untuk meminimalisir tertular penyakit kulit, mencuci baju baru juga akan membantu menghilangkan bahan kimia di dalam pakaian.

Jadi, masihkah Anda memakai baju yang baru saja Anda beli tanpa mencucinya terlebih dahulu? Semoga artikel ini bermanfaat ya…

(Visited 303 times, 1 visits today)
Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*